Universitas Gunadarma

Kamis, 05 Oktober 2017

PENGANTAR STATISKA

Share it Please

 A. Statistika, Statistik, dan Metode Statistik

1. Statistika

             Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Statistika banyak diterapkan dalam berabagai bidang disiplin ilmu, seperti astronomi, biologi, ekonomi, dll. Ilmu ini juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan, seperti sensus penduduk.

            2. Statistik

              Berbeda dengan statistika, statistik adalah hasil pengolahan dan analisis data. Statistik dapat berupa mean, modus, median, dan sebagainya. Statistika dapat digunakan untuk menyatakan kesimpulan data berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel maupun diagram yang menggambarkan data tersebut.

            3. Metode Statistik

     Metode statistika adalah bagaimana cara-cara untuk mengumpulkan, mengolah,menyajikan, dan menganalisa, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan data dan fakta yang telah dianalisa. Metode ini dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
       a. Statistik deskriptif, yaitu statistic yang tingkat pengerjaannya mencakup cara-cara menghitung, menyusun, mengolah, menyajikan, dan menganalisa data agar dapat memberikan gambaran yang ringkas mengenai suatu keadaan.

                 b. Statistik inferensial, yaitu metode yang menyediakan aturan-aturan atau cara yang dapat digunakan suatu alat dalam rangka menarik kesimpulan yang bersifat umum dari suatu data yang telah disusun dan diolah.

B. Data dan Jenis-Jenisnya

            1. Pengertian Data

                      Berbicra soal data tidak lepas dari yang namanya informasi. Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan agar data tersebut dapat menjadi informasi yang dapat diterima oleh penerimanya. Data berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simol-simbol yang bisa digunakan sebagai bahan untuk dijadikan suatu informasi. Sedangkan informasi adalah hasil dari data yang sudah diolah tersebut yang dapat digunakan untuk pengetahuan bagi penerimanya.

            2. Jenis-Jenis Data

                        Jenis-jenis data dapat dibagi berdasarkan sifatnya, sumbernya, cara memperolehnya, dan waktu pengumpulannya.

            a. Menurut Sifatnya
·      Data kualitatif, yaitu data yang tidak berbentuk angka. Contohnya seperti kuisioner pernyataan tentang pelayanan disebuah hotel, suasana kerja, dll.
·        Data kuantitatif, yaitu data yang berbentuk angka. Contohnya seperti harga senbako, besarnya suatu pendapatan, dll.

b. Menurut Sumbernya
·        Data internal, adalah data dari dalam suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi tersebut. Contohnya seperti didalam sebuah perusahaan, berapa jumlah karyawannya, jumlah modal, pemasukan dan pengeluaran, produksi, dll.
·             Data external, yaitu kebalikan dari data internal. Data external adalah data dari luar organisasi yang dapat menggambarkan faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi hasil kerja suatu organisasi. Contohnya seperti daya beli masyarakat mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan.

c. Menurut Cara Memperolehnya
·         Data primer, yaitu data yang dikumpulkan sendiri oleh perorangan/suatu organisasi secara langsung dari objek yang diteliti dan untuk kepentingan studi yang bersangkutan yang dapat berupa interview atau observasi.
·       Data sekunder, yaitu data yang diperoleh atau dikumpulkan dan disatukan oleh studi-studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain. Biasanya sumber tidak langsung berupa data dokumentasi dan arsip-arsip resmi.

d. Menurut Waktu Pengumpulannya
·         Data cross section, yaitu data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu untuk menggambarkan keadaan dan kegiatan pada waktu tersebut. Contohnya seperti data penelitian yang menggunakan kuisioner.
·         Data berkala, yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk melihat perkembangan suatu kejadian atau kegiatan selama periode tersebut. Misalnya seperti perkembangan uang yang beredar, harga bahan pokok, dll.

C. Metode Pengumpulan Data

          Dalam penelitian, teknik pengumpulan data merupakan faktor penting demi keberhasilan penelitian. Hal ini berkaitan dengan bagaimana cara mengumpulkan data, siapa sumbernya, dan apa alat yang digunakan. Jenis sumber data adalah mengenai dari mana data diperoleh. Apakah data tersebut diperoleh dari sumber langsung (primer) atau data diperoleh dari sumber tidak langsung. Ada 3 teknik yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu :

  • Angket
  • Observasi
  • Wawancara




DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author