Universitas Gunadarma

Selasa, 06 Juni 2017

Dampak Komputer Terhadap Perkembangan Bisnis

Share it Please
Perkembangan teknologi dan informasi membawa perubahan yang signifikan dalam kehidupan. Salah satunya perubahan di bidang bisnis. Sejak komputer ditemukan pada tahun 1955, peradaban dunia telah memasuki era informasi. Teknologi informasi dengan komputer sebagai perantara telah mengubah segala pemrosesan informasi dapat menjadi lebih mudah untuk diakses dan sudah digunakan banyak orang sebagai alat pengolah data untuk menghasilkan informasi. Dalam bidang bisnis, pengaruh kemajuan teknologi informasi tidak dapat dihindarkan lagi, seperti penggunaan telepon, komputer, dan internet dalam berbagai aktivitas sarana berkomunikasi perusahaan. Teknologi ini memungkinkan manusia untuk dapat saling bertukar informasi dari tempat yang berjauhan dalam waktu yang singkat dan dengan biaya yang murah. Setelah teknologi mulai berkembang, teknologi ini mulai memengaruhi sistem perkembangan perdagangan dan bahkan saat ini berperan sebagai sarana transaksi bisnis online melalui media berupa internet (Utami, 2012).  Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, tentu akan ada dampak yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi tersebut.
Sistem informasi adalah seperangkat komponen yang saling berhubungan yang berfungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pembuatan keputusan dan pengawasan dalam organisasi (Mulyadi, 2001:8). Dahulu, untuk membuat kesepakatan antara penjual dengan pembeli, harus melakukan pertemuan dan negosiasi hingga tercapai kesepakatan. Namun di zaman yang sudah sangat maju ini, hal tersebut sudah jarang dilakukan. Hal ini karena, teknologi informasi  melalui komputer dan jaringan sebagai penghubung dapat melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis, seperti pengolahan data, memantau perkembangan bisnis, negosiasi, serta hal-hal lain yang dapat dikerjakan lebih cepat yang tentu dapat menghemat waktu serta lebih efisien. Sistem electronic commerce (e-commerce) telah mengubah dengan cepat cara perusahaan menjual, membeli, dan berhubungan dengan konsumen dan mitra bisnis. Dengan menerapkan e-commerce, pembeli tidak perlu bertemu dengan penjual untuk melakukan sebuah transaksi. Tempat, jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghambat dalam bertransaksi (Hakim, 2011). Dalam lingkungan e-commerce yang paperless, kebutuhan akan bukti fisik berupa kertas secara signifikan akan menurun (Suhendro, 2007).
Namun, kemajuan teknologi terhadap perkembangan bisnis juga memiliki dampak yang negatif. Banyak perusahaan yang menjadikan komputer atau mesin sebagai pengganti tenaga kerja mereka. Ini membuat banyak karyawan atau pekerja yang kehilangan pekerjaan mereka. Para pelaku bisnis beranggapan bahwa menggunakan komputer atau mesin dapat bekerja lebih cepat dan efisien, ditambah mereka juga tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayar karyawan. Ini yang menjadi kekeliruan yang terjadi di era globalisasi ini. Mereka lupa bahwa komputer atau mesin diciptakan untuk membantu manusia, dan bukan sebagai pengganti pekerjaan mereka. Namun masih banyak juga para pebisnis yang masih menggunakan cara tradisional. Hal ini memaksa beberapa bisnis tradisional harus memikirkan ulang cara bisnis mereka untuk menerapkan teknologi informasi dalam aktivitas bisnis mereka untuk menghadapi persaingan global (Santosa, 2002).
Dampak komputer dan teknologi informasi dalam perkembangan bisnis tidak dapat dipungkiri lagi bahwa memang perkembangan tersebut dapat membantu manusia secara signifikan  untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Dampak tersebut sangat terasa di era globalisasi ini. Manusia dimudahkan untuk dapat berkomunikasi dengan manusia lain walaupun jarak jauh. Perkembangan tersebut juga membantu di bidang bisnis. Komputer sebagai alat bantu tersebut, dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dapat mempermudah untuk mengelola data-data perusahaan. Namun, sebagai manusia harus tetap menyadari bahwa komputer dan mesin hanya sebuah alat yang diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia, bukan untuk menggantikan posisi para karyawan atau pekerja.


  Daftar Pustaka

Maharsi, Sri. (2000). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen [online]. Vol 2(2), 11 halaman.

Walther, Joseph B. (1992). Interpersonal Effects in Computer-Mediated Interaction [online] Vol 19(1), 17 halaman.

Sari, Mia. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Terhadap Sistem Informasi [online] Vol 2(8), 14 halaman.

Dina, Wildah Akmala. (2013). Analisis Dampak Penerapan Sistem E-commerce terhadap Pengendalian Internal Perusahaan Sebagai Akibat Perkembangan Teknologi Informasi [online] Vol 2(1), 26 halaman.


Sardi, Irawan. 2009. Solusi Bisnis Berbasis Microsoft Office System 2003 (Access 2003 & Word 2003). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author