Universitas Gunadarma

Selasa, 06 Juni 2017

Software Komputer

Share it Please
Sofware disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras. perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat dilihat dan disentuh secara langsung oleh manusia. Software atau perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik. Software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan. Budi Utomo (2005).
Berikut ini adalah fungsi-fungsi dari software komputer yang dapat menunjang kerja dari komputer:
  • Software menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang dapat dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung
  • Software berfungsi dalam mengatur berbagai hardware untuk bekerja secara bersama-sama.
  • Sebagai penghubung antara software-software yang lain dengan hardware 
  • Sebagai penerjemah terhadap software-software lain dalam setiap instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat di terima oleh hardware. 
  • Mengidentifikasi program

          Secara garis besar software dapat dibedakan menjadi beberapa bagian  yaitu Sistem Operasi, Program Aplikasi (siap pakai), Program Bantu (utility), dan Bahasa Pemrograman. Software juga dapat dibedakan kedalam beberapa macam bagian yang terdiri dari setiap jenis-jenis software berdasarkan dari bentuk, dan fungsinya. Contohnya adalah : Freeware, Shareware,Firmware, Commercial Software, Free Software, Open Source Software, dan Malware.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author